PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP PERKEMBANGAN BISNIS DI INDONESIA
Ditulis oleh : Karina Mutia Rahima / 23217138
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis
Saat
ini teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat dimana
perkembangannya tidak bisa dihindari. Perkembangan teknologi informasi ini,
tidak hanya dapat membantu cara hidup kita menjadi lebih modern dalam kehidupan
sehari-hari, dunia bisnis pun ikut terbantu dengan perkembangan teknologi saat
ini. Berbagai hal yang dulu dapat memakan biaya yang besar dan waktu yang lama,
kini dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat bahkan dalam hitungan detik.
Bahkan pekerjaan yang dulu dapat melibatkan 10 orang, kini hanya dapat
dikerjakan dalam 1 orang.
Bagi dunia bisnis,
saat ini telah memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang sudah pesat. Penerapan
teknologi informasi sudah banyak diterapkan pada perusahaan perusahaan yang
berskala nasional maupun international. Penerapan teknologi dan informasi ini
menyebabkan perubahan dalam kebiasaan yang baru pada bidang bisnis. Seperti
pemanfaatan E-Commerce sebagai media perdagangan yang menggunakan media
internet yang saat ini tidak sulit untuk dijangkau oleh semua kalangan.
Pengaruh ini
memberikan kemudahan dan kelancaran dalam melakukan urusan bisnis meskipun
rekan bisnis tersebut berada di negara lain, hal ini bisa diatasi dengan
memanfaatkan video conference maupun internet call yang bisa digunakan sewaktu
waktu dan tidak memungut biaya sedikit pun. Jejaring seperti ini hadir di semua
industri global. Pengaruh ini tidak hanya berdampak pada usahawan saja yang
memiliki perusahaan, pengaruh teknologi informasi ini juga memberikan dampak
yang besar terhadap para pegawainya. Dewasa ini para pegawai di perusahaan
tidak perlu lagi mengirimkan lembar kerjanya secara manual dalam bentuk cetakan
kertas, hanya perlu memanfaatkan fasilitas email yang tersedia secara gratis
sudah bisa mengirimkan hasil laporan kerjanya
tanpa harus terhalang oleh waktu dan tempat.
Pengaruh teknologi
informasi secara tidak langsung memberikan solusi yang dapat membantu urusan
bisnis secara ringkas dan tidak perlu lagi memakan biaya yang begitu besar.
Seperti untuk mengadakan rapat, kita saat ini tidak perlu lagi harus
mengumpulkan orang satu per satu, kita bisa memanfaatkan salah satu fitur yang
berada pada handset ponsel pintar untuk melakukan sebuah rapat yang fleksibel
harus berada pada suatu tempat dan juga mengeluarkan biaya yang terhitung tidak
sedikit.
Semakin cepatnya
perkembangan teknologi informasi saat ini menuntut manusia modern untuk bertindak dengan cepat pula, apabila
kita tidak bisa mengikuti gerak cepat dari perkembangan teknologi informasi
ini, kita bisa saja tertinggal jauh di belakang, dan dunia kerja maupun bisnis
dewasa ini pun membutuhkan para pegawai yang bisa menggunakan perangkat hardware
maupun software untuk mendukung segala aktivitas kerjanya.
Perkembangan
teknologi informasi yang semakin canggih dewasa ini merupakan bagian integral
dari semua lapangan bisnis dewasa ini. Tak ada satu pun dunia bisnis yang tidak
terpengaruh terhadap pengaruh teknologi informasi yang cepat ini. Mau tidak mau
para pelaku bisnis harus bisa mengikuti laju dari perkembangan teknologi
informasi yang serba cepat ini jika tidak ingin dunia bisnisnya tertinggal jauh
dengan para pelaku bisnis yang lain.
Berikut ini adalah contoh pemanfaatan dan manfaat
Internet sebagai media bisnis:
1.
Menciptakan Basis
Bagi Klien Atau Pelanggan.
Untuk
mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan basis klien tidak selalu
dapat diperoleh dengan mudah. Perjuangan untuk memperoleh pelanggan harus
melalui berbagai usaha termasuk menganalisa pasar secara hati-hati, pemasaran
produk dan mempunyai uji coba basis pelanggan. Internet merupakan salah satu
alternatif wadah yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat untuk basis
pertemuan jutaan orang di seluruh dunia. Dengan demikian untuk mendapatkan
pelanggan baru lebih mudah dengan adanya kelompok yang besar di Internet
tersebut.
2.
Analisa Produk
Dan Pasar.
Internet
dapat dijadikan tempat yang baik utuk melakukan riset pemasaran karena produsen
atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelangganya. Analisa pasar
akan membantu perusahaan untuk mendapatkan ide dalam pengembangan produk baru
yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Setelah produk itu
diluncurkan maka perusahaan pun dapat memperoleh umpan balik sebesar tingkat
kepuasan konsumen terhadap produk baru tersebut. Selain itu perusahaan juga
dapat mempelajari produk pesaing dengan menelusurinya di Internet. Pemakai
Internet dapat memanfaatkan informasi yang ada untuk melakukan analisa produk
dan persaingannya. Hal ini sangat mempengaruhi munculnya lowongan untuk cari
ide-ide baru!
3.
Nasehat dan
Bantuan Pakar Di Bidangnya.
Tidak
sedikit pakar yang ada di Internet yang mempublikasikan karya-karya mereka
untuk diketahui mereka untuk diketahui secara umum dan mudah diakses. Sangat
sering pula kita memperoleh nasehat dan bantuan secara gratis dari para pakar
tersebut tentang masalah yang kita hadapi. Jika kita membandingkannya dengan
mendapatkan nasihat dari konsultan, maka kita harus membayar dengan harga
sangat mahal.
4.
Rekruitmen Tenaga
Kerja dan Penyedian Lowongan Kerja
Sekarang
ini rekruitmen tenaga kerja melalui Internet semakin digemari oleh
perusahaan-perusahaan. Di Internet terdapat banyak sekali daftar lowongan kerja
dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui Internet.
Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan tenaga kerja dan pencari
pekerjaan dapat saling bertemu di Internet. Riwayat hidup tidak hanya dapat
ditampilkan menggunakan web tetapi fasilitasnya juga ada di Internet seperti
newsgroup atau usenet.
5.
Akses Informasi
dan Penyebaran Informasi
Mempublikasikan
berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi media lainnya. Dalam hal
akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan
menggunakan fax atau pos. Kita semua dapat mengakses informasi dan menyebarkan
informasi dari dan ke penjuru dunia dan juga dapat membuat hubungan secara
interaktif dan langsung melalui komputer. Kontak secara interaktif tersebut
akan menarik dengan adanya penggunaan chat dan video conferencing. Akses dan
penyebaran informasi melalui Internet dapat terjadi secara murah dan dapat
langsung diakses melalui jarak yang jauh.
6.
Komunikasi Yang
Cepat dan Pengiriman Dokumen Dengan Biaya Murah
Berbagai
fasilitas yang ada di internet telah banyak membuktikan mampu mempercepat
komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail adalah salah satu contoh yang telah
banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat
atau video conferencing juga mempercepat komunikasi yang dilakukan di internet.
Internet dapat juga digunakan untuk mentransfer dokumen secara online dalam
waktu yang singkat. Seringkali ditemukan keterlambatan atau gagal sampai ke
tujuan dalam pengantaran dokumen melalui jasa pengantar seperti pos atau
perusahaan jasa lainnya.
7.
Peluang dan Model
Bisnis Baru
Banyak
yang secara terus menerus memanfaatkan Internet untuk mencari ide-ide inovatif
dan baru. Pemakai Internet sering memperoleh ide baru tidak hanya disebabkan
oleh kebiasaan penelitiannya di Internet tetapi juga ada nya suasana kooperatif
di antara pemakai internet. Internet sering pula dijadikan forum komunikasi di
antara para peminat di bidang masing-masing. Munculnya
model bisnis baru yang biasa disebut dengan e-business dan e-commerce.
a.
E
– Business adalah sebuah bisnis yang dalam proses pengelolaan dan transaksi
bisnisnya menggunakan sistem jaringan internet. Sehingga tidak memerlukan
banyak tenaga kerja dan juga tidak menyita ruang dan waktu. Hal ini menjadikan
biaya bisnis dapat ditekan dan lebih efisien.
b.
E
– Commerce adalah sebuah model perdagangan yang dalam transaksinya menggunakan
sistem internet (online).
Dari forum-forum komunikasi tersebut
sering pula menimbulkan ide produk yang baru dan inovatif. Banyak fasilitas aplikasi
yang tersedia di Internet di antaranya FTP, gopher, usenet, telnet, WWW, dan
lain-lain. Dari berbagai fasilitas ada, WWW merupakan aplikasi yang paling
banyak dipakai para pemakai individual maupun profesiona atau bisnis. Sementara
itu tidak hanya dampak positif saja namun ada pula dampak negatif yang di
berikan dari Teknologi Informasi antara lain sebagai berikut :
1. Isu SARA,
kekerasan dan pornografi menjadi hal yang biasa.
2. Kemudahan
transaksi memicu munculnya bisnis-bisnis terlarang seperti narkoba dan produk
black market atau ilegal.
3. Para penipu dan
penjahat bermunculan terutama dalam kasus transaksi online.
4. Munculnya budaya
plagiarisme atau penjiplakan hasil karya orang lain.
5. Dengan
berlakunya sistem uang online ( ATM, Kartu Kredit, dan lain-lain) memunculkan
modus baru dalam pembobolan rekening nasabah Bank. Dari segi keamanan,
data bank yang telah berkomputerisasi sangat rentan sekali terhadap tindakan
peretasan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
Hampir semua bidang memiliki dampak
positif dan negatif termasuk dalam perkembangan teknologi informasi dalam
kehidupan kita dan hendaknya kita sendiri yang mewaspadai supaya jangan sampai
terkena imbas yang negatif. Contoh kasus :
1.
Bidang
ekonomi.
Bisnis online shop yang memanfaatkan
kemajuan teknologi dalam bidang ekonomi sehingga dapat memudahkan bisnis tanpa
terhambat jarak dan waktu. Transaksi di pasar online harus mempunyai peraturan
yang harus ditaati pemakainya dalam dunia maya. Semua user/pemakai yang
menjalankan bisnis dan memakai fasilitas IT, dengan penuh tanggung jawab atas
apa yang dilakukannya dalam dunia IT. Dengan demikian kita dapat menikmati
kecanggihan dunia IT dengan aman.
2.
Bidang
Industri dan Manufaktur.
Di bidang industri, komputer telah
dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi,
misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan,
CAM (Computer Aided Manufacture), CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk
merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah
industri atau pabrik.
Contoh sebuah mesin
serba guna dalam industri metal sehingga dapat kita jumpai berbagai produk
industri logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan
secara manual. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan
kontrol komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan
sebagainnya. Selain itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang
secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang
dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya tangan
robot dikontrol oleh komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik
dan chip-chip pada motherboard komputer.
3.
Bidang
Bisnis dan Perbankan.
Di bidang bisnis baik perdagangan
barang maupun jasa komputer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik
rutin, periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan
tepat. Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Management Information system (MIS),
merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang
bergerak bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar,
menengah, bahkan perusahaan kecil. SIM diterapkan pada semua tingkat atau level
manajemen yang ada yaitu manajemen tingkat atas (top management), manajemen
tingkat menengah (middle management), dan manajemen tingkat bawah (lower
managementi).
Di perusahaan dagang
seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir)
yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol
oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk
scanning barcode kode barang dagangan, menghitung rugi laba, inventori dan
sebagainya. Pada perusahaan jasa seperti perbankan komputer digunakan untuk
menghitung bunga secara otomatis, transaksi online, ATM, dan sebagainya. Komputer
juga banyak digunakan untuk proses akuntansi, melakukan analisa keuangan,
neraca, rugi laba, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa software yang secara
khusus disediakan untuk operasi akuntansi. Di bidang perhotelan komputer
digunakan untuk menentukan jumlah dan jenis kamar yang telah terisi dan masih
kosong. Bahkan saat ini sudah masyarakat untuk penjualan pertokoan kecil, Usaha
Kecil dan Menengah (UKM), apotik dan bermacam-macam usaha kecil lainnya.
DAFTAR PUSTAKA
https://sherlyyunitabahrun.wordpress.com/2014/10/10/dampak-teknologi-terhadap-dunia-bisnis/
http://go-kerja.com/manfaat-internet-untuk-bisnis
http://www.elektroindonesia.com/elektro/no3b.html
http://victorioaqsa27.blogspot.com/
http://www.elektroindonesia.com/elektro/no3b.html
http://victorioaqsa27.blogspot.com/
Komentar
Posting Komentar